Bisnis dan Keuangan

Pengalaman 2 Tahun Pakai Kredivo untuk Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Udah hampir 2 tahun pakai aplikasi Kredivo buat cicilan tanpa kartu kredit, bikin saya nggak pengen lagi bikin kartu kredit. Selain malas ribet, sekarang Kredivo juga udah all in one dan punya banyak fitur yang nggak kalah sama kartu kredit. Yang paling penting: bisa request naik limit sampai Rp 30 juta. Hehe. 

Di tahun 2020 ini, pasti kalian semua udah nggak asing lagi sama cicilan online atau cicilan tanpa kartu kredit, kan? Nah, di antara nama-nama fintech populer yang nawarin jasa tersebut sekarang, nama Kredivo pasti masuk salah satunya & mungkin pernah kalian dengar. Karena Kredivo udah ada sejak tahun 2015. 

Kalo saya, sejak akhir 2017 udah daftar dan pakai Kredivo buat cicilan tanpa kartu kredit di Lazada. Dari yang awalnya punya suku bunga 2,95%, sekarang bunga Kredivo udah turun dan jauh lebih rendah yaitu 2,6% per bulan. Dari 2018 sampai sekarang banyak banget fitur baru yang nambah di Kredivo. Bukan cuma itu, mitra merchantnya juga makin banyak. Mulai dari yang populer kayak Bukalapak dan Tokopedia, sampai yang toko/konvensional kayak Erafone, Sentra Ponsel, dan lain-lain. 

Salah satu fitur hits Kredivo sekarang itu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pas pertama saya pakai Kredivo, fitur ini belum ada. Jadi, limit kredit di akun Kredivo saya bener-bener cuma bisa dipakai buat cicilan barang atau transaksi pulsa, paket data, bayar BPJS, dll di aplikasi Kredivonya langsung. 

Karena belum ada fitur pinjaman, waktu itu seingat saya banyak banget tuh yang nawarin jasa cairin limit Kredivo di Instagram. Yak, tentu aja ini ilegal. Nah, setahun kemudian, sekitar akhir 2018, Kredivo baru merilis fitur yang udah lama dinanti-nanti penggunanya: pinjaman tunai. Jadi, per akhir 2018, pengguna Kredivo terutama yang akun Cicilan, bisa nyairin limitnya secara resmi menjadi pinjaman tunai. 

Lalu selama 2 tahun, transaksi apa aja yang udah saya lakukan pakai Kredivo?

Cicilan HP 12 Bulan di Lazada

Pertama kalinya pendaftaran akun saya di-approve, saya langsung gunain buat transaksi cicilan tanpa kartu kredit HP OPPO F9 4GB di Lazada. HP seharga Rp4.299.000 ini saya cicil pakai Kredivo selama 12 bulan dengan suku bunga 2,95%. Sebulannya, angsuran saya sekitar Rp444.301. 

Dari mulai transaksi sampai HP-nya dateng ke rumah semua lancar dan nggak ada kendala. Agak amaze juga karena saya baru pertama kalinya nyobain fasilitas cicilan tanpa kartu kredit kaya begini. Sempet ragu, tapi ternyata aman. Oh iya, pasca transaksi, di aplikasi Kredivo saya juga ada rekam jejak transaksi kreditnya. Plus catatan jatuh tempo angsuran HP tiap bulan. Jadi, semua serba transparan. Saya pun tenang sebagai pengguna.

Belanja di E-Commerce Tanpa Bunga

Mulai dari beli headset, beli buku, sepatu, sampai baju, saya juga pernah nyobain pakai Kredivo buat belanja di Tokopedia dan Blibli. Selain cicilan, Kredivo juga nyediain opsi bayar dalam 30 hari tanpa bunga. Jadi, kita bisa transaksi produk di merchant dengan harga di bawah Rp 1 juta, bayarnya nanti 30 hari setelahnya. 

Nggak dikenakan bunga sama sekali. Kalo cicilan kan khusus untuk transaksi minimum Rp 1 juta ke atas, kalo yang 30 hari ini lebih fleksibel. Kayak kartu kredit tapi bedanya saya nggak perlu bayar biaya kartu ataupun biaya tahunan. Jadi lebih hemat. Hehe. 

Beli Pulsa dan Token Listrik

Ini juga nih fitur transaksi andalan saya di aplikasi Kredivo: pulsa, paket data, dan token. Buat kebutuhan mendesak kalo malem-malem token habis atau paket internet sekarat, saya bisa beli langsung di aplikasi Kredivo. Nah, bayarnya itu motong sisa limit saya. Jatuh temponya bulan depan, deh. 30 hari dari tanggal transaksi. Bener-bener berguna banget buat di saat-saat darurat. 

Pinjaman Tunai Buat Kebutuhan Mendesak

Yang satu ini, pernah saya coba di awal tahun buat kebutuhan di rumah. Saya pinjam di fitur pinjaman jumbo sebesar Rp 1,5 juta dengan tenor 6 bulan. Tapi, waktu itu, suku bunga Kredivo masih 2,95%. Jadi, pinjaman saya angsuran per bulannya adalah Rp281.302 selama 6 bulan. 

Per bulan Juli 2020, saya baru tau info di email kalo suku bunga Kredivo udah turun jadi 2,6%. Menggiurkan banget buat transaksi! Tapi berhubung belum ada kebutuhan cicilan atau kredit saya jadi belum nyobain kredit dengan suku bunga baru Kredivo. Plus lagi pandemi, jadi masih harus hemat-hemat dan memfilter ketat pengeluaran. 

Secara keseluruhan, saya sama sekali nggak pernah ada kendala pas pakai Kredivo buat transaksi ini itu termasuk cicilan. Selain itu, saya juga nggak pernah ada telat bayar. Selalu tepat waktu atau lebih cepat dibanding waktu jatuh tempo. Dari skala bintang 1 sampai 5, mungkin saya bakal kasih bintang 5 buat layanan Kredivo. Membantu banget buat saya yang nggak punya dan males bikin kartu kredit. 

Kalo temen-temen baru mau pakai Kredivo, saya sih ngerekomendasiin banget! Dulu, seinget saya daftar Kredivo gampang kok dan nggak sampe setengah jam. Akun saya pun disetujuinya cuma dalam waktu sehari lho. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *